Wednesday 31 December 2014

2.0.1.4. : Waktu Berlalu Terlalu Cepat

Setiap pagi dari jendela kamar kos saya

Ketika semua orang menggebu-gebu menyambut pergantian tahun, justru saya merasa sedih. Waktu berlalu begitu cepatnya, rasanya baru kemarin merayakan pergantian tahun 2014 bersama Pandhe, Putu dan Hendra. Berkurang lagi jatah saya bernafas di bumi, satu tahun.


Tapi tak melulu soal itu, toh hari-hari yang berlalu bagai lembar-lembar halaman yang memiliki cerita dan pelajaran. Ini sebuah cerita dan pelajaran yang telah saya lalui tahun ini.


Pergi Ke Tempat Baru

April - Ini pertama kalinya kaki saya menginjak tanah Maluku, Ambon, demi menjalankan tugas negara. Dari atas pesawat sudah terlihat keindahan khas negeri kepulauan. Laut yang biru, dan pulau-pulau kecil yang terlihat seperti permata berwarna hijau di tengah samudra yang biru. Merasakan berbagai kuliner khas Indonesia Timur. Satu yang masih saya sedihkan dari Ambon adalah masih tersisa ketegangan dan luka lama konflik agama beberapa tahun lalu. Andai saja orang tidak menilai dirinya yang paling benar dan tidak memaksakan nilai tersebut, harusnya konflik seperti ini tidak perlu terjadi.

Kapal nelayan yang sandar di bibir pantai
Papeda si menu utama pengganti nasi

Sepulangnya dari Ambon, saya langsung ditugaskan mengunjungi kantor di Banyuwangi dan Pasuruan. Ini pertama kalinya saya menaiki pesawat baling-baling dari Juanda ke Banyuwangi. Pesawat jenis ATR 72-500 milik maskapai penerbangan Wings Air mendarat cukup keras di Banyuwangi, rasanya seperti terpantul ke udara lalu kembali menyentuh daratan. Agaknya saya kapok untuk naik pesawat sejenis itu lagi.

KPPBC Pratama Banyuwangi, merupakan kantor kecil yang hanya beranggotakan belasan pegawai, namun terasa sangat kental suasana kekeluargaannya. Sedangkan KPPBC TMP A Pasuruan merupakan salah satu kantor dengan penerimaan cukai yang tinggi, unik memang, mengingat kantor tersebut sebenarnya Kantor Tipe Madya Pabean A bukan Kantor Tipe Madya Cukai.

Bersama rekan-rekan KPPBC Pratama Banyuwangi
Oktober - Kembali mengunjungi Surabaya setelah terakhir ke sini pada September 2011. Selama tiga tahun, Surabaya telah tumbuh menjadi kota yang rapi, nyaman, dan bersih. Taman yang hijau, jalan yang bersih, jalur sepeda, dan pedestrian yang membuat nyaman saat berjalan kaki menjadi pemandangan yang sudah biasa di sini. Terima Kasih Ibu Risma.

Di Surabaya saya juga bertemu Koordinator Umum LBB 2006, sudah beberapa tahun tidak bertemu. Banyak cerita yang tumpah ruah saat makan malam bersama. Saya juga dijamu teman-teman BC25 yang bertugas di Surabaya, menikmati waktu bersama teman memang selalu menyenangkan buat saya.
Mie Setan Surabaya traktiran BC25

November - Project K alias Pendakian Gunung Kerinci setinggi 3805 meter diatas permukaan laut berhasil dilakukan, pertama kali menginjak tanah minang, keliling kota Padang dan Bukit Tinggi, bertemu kawan lama yang hampir dua tahun gak ketemu, senang :)
Menggapai atap Sumatera, Kerinci 3805 mdpl
Fotonya juga harus gaya kaya orang jepang, haha
Gagal makan gulai itiak lado mudo, sate padang pun jadi



Teman dan Keluarga

Mei - Tim kesayangan saya, Real Madrid mengalahkan Atletico Madrid di laga final liga Champions dengan kemenangan yang dramatis, terwujud sudah La Decima, Hala Madrid!!!
La Decima

Juni - Bulan ini salah satu Kasubbag yang menjadi role model saya, Pak Anang, mendapat promosi menjadi Kepala PSO Tipe A Batam, semoga sukses di tempat yang baru dan terus menyebarkan canda tawa untuk orang-orang di sekitar. Setelah bulan ini, satu per satu rekan di OTL berpindah ke kantor yang baru, rasanya jadi berbeda suasananya di sini.

Pesta Perpisahan Pak Anang
Agustus - Momen Lebaran menjadi momen menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga dan kerabat dekat. Bertemu keponakan-keponakan yang tumbuh semakin cantik dan ganteng, pintar dan aktif. Dan rasa syukur Alhamdulillah, Allah masih memberi kami kesempatan untuk saling bertemu tahun ini.
Keponakan kesayangan Sophie dan Sansa


High School Never Ends

Ini bulan paling menyenangkan, Marhaban ya Ramadhan. Bulan Ramadhan merupakan salah satu kesempatan meningkatkan ibadah dan mempererat tali silaturrahim kerabat dan teman dekat. Buka Puasa Bersama merupakan salah satu cara bertemu sahabat lama yang sudah lama tidak berjumpa. Membangkitkan kenangan bersama sewaktu sekolah, mulai dari cerita paling konyol sampai yang paling membanggakan. Cerita masa lalu dan rencana masa depan yang dibahas saling bergantian.

Futsal Smanitra sehari sebelum puasa
Buka bersama PMR Smanitra (KBW) 06
Bukber LBB 06
Bersama Korum LBB 06 di Surabaya


Achievement


Prajab Gelombang III Lebak Bulus, Kalian Luar Biasa!!!

Pencapaian saya tahun ini, mungkin sedikit, tapi berarti banyak. Tahun ini saya berhasil menyelesaikan beberapa diklat dasar, misalnya Diklat Prajabatan Golongan II Gelombang III pada Juni lalu. Dan DTU Kesamaptaan (Agustus s.d. September), titik terendah saya tahun ini dimana hak-hak saya sebagai manusia dicabut. Jungkir balik di lapangan, di panggang, di rendam, long march, dan berbagai latihan fisik lainnya layaknya tentara yang mau perang. Namun semuanya berakhir baik, saya finish di posisi 11 dari 120 siswa dan berkesempatan bersalaman langsung dengan Dirjen Bea dan Cukai pada upacara penutupan.

Di-rambo di hutan gara-gara tertangkap musuh

Narsis dulu mumpung pelatihnya gak ngeliat

Top 15 DTU Kesamaptaan Angkatan III
Penyamaran gagal

Oh iya, saya juga berhasil menyelesaikan Jakarta Marathon pada Oktober lalu, hehe.


10K Finisher


Esprit de Corps

Tahun ini dua orang saudara kami memulai hidup baru, Baiquni Aryodamar dan Berlian Yoga Ardhana. Dua orang dari kami yang menikah paling pertama. Semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, warrohmah (:
Pernikahan Mas Bai bulan Mei lalu

Pamer cincin ceritanya

No comments:

Post a Comment